CIRI CIRI SEORANG HAMBA (MAULANA AHMAD BAWAHALPUR)

CIRI CIRI SEORANG HAMBA
(MAULANA AHMAD BAWAHALPUR)

1.QURBANI
2.DAKWAH
3.IBADIAT
4.INABAT

KETERANGAN :

1.QURBANI
Yakni mengorbankan apa yang ada seluruhnya untuk Alloh sehingga tak masuk kecintaan ghoirulloh
•Manusia di pengaruhi syahwat dan keinginan yang jika dituruti maka seluruh dunia tak cukup.
Alloh SWT ciptakan benda tetapi Alloh tak katakan.” Wahai manusia inilah benda kumpulkan sebanyak banyaknya untuk dekati Aku .”
Nabi-nabi beritahu kejayan kamu bukan dalam jalan keduniaan tetapi dalam jalan kenabian.
Untuk menghilangkan kekuatan syahwat maka perlu ditarbiat dengan perintah Alloh SWT agar wujud sikap mengorbankan segala benda,anak istri.dsb untuk dapatkan Alloh SWT.
Contoh Pengorbanan :
Ibrohim as saat kecil tanya ibunya, siapakah Robb ibu? Ibu jawab: bapak kamu.”
Ibrohim: siapa Robb bapak?
Ibu : Robb bapak kamu adalah Namruz
Brohim : Siapa Robb Namruz ?
Ibu : “jangan- jangan kamu tanya itu lagi karena Rob Namrud tak ada yg tertingi.”
Ibrohim tak puas, lihat bintang, bulan, matahari. Anggap itulah robbnya. Akhirnya Alloh tunjuki untuk kenal Alloh SWT. Setelah di uji dan dapat hidayah maka ada perintah mendakwahkan.
Ayah Ibrohim wazzir, maka ibrohim juga akan jadi wazir jika ayahnya meninggal dunia.Maka pilihan buatnya, kalau berdakwah ia akan kehilanggan jadi wazir, tetapi Ibrohim tetap berdakwah dan korbankan jadi Wazir sampai suatu kesempatan hancurkan semua berhala.
Ayah Ibrohim pembuat berhala saat di perintah supaya ibrohim menjualnya ke pasar. Bawa berhala dan menyeretnya sambil mengatakan: siapa yang hendak beli berhala yang tak bisa beri manfaat dan mudhorot?
Waktu Namruz panggil tuk menyembah,Ibrohim as tak mau. Maka namruz tak beri makan dan seluruh negeri tak boleh jual makanan kepada ibrohim mereka kata: makanan ini hanya untuk penyembah Namruz.
Ibrahim memasukkan pasir kedalam karung dan meletakkannya diatas meja kemudian tertidur.
Setelah bangun maka dia melihat roti yang nikmat telah dihidangkan keluarganya. Dia tanya : dari mana ini ? Keluarganya katakan:” Bukankah engkau yang membawa gandum di karung mu dan aku telah jadikan roti.”
Maka tahulah Ibrohim bahwa Alloh telah tolong dia dari kelaparan setelah tiga hari tak makan. Bukankah gandum juga dari tanah ? Maka Alloh mampu keluarkan gandum dengan menanamnya atau tidak !!
Nabi SAW katakan : Orang yang lapar 3 hari kemudian tak meminta kepada Makhluk maka Alloh SWT akan beri Rizki satu tahun tanpa bekerja.”
Puncak kemarahan Namrud maka ibrohim dibuatkan neraka oleh Namrud untuk disiksa,setelah Ibrohim hancurkan berhala.
Api dinyalakan 40 hari begitu besar sehingga apabila burung lewat diatasnya binasa.
Pengorbanan Ibrohim di uji Alloh SWT apakah yakin Ibrohim Shoheh atau tidak, malaikat gunung, laut, angin turun untuk bantu Ibrohim, tetapi beliau kata: Amma ilaika Falaa...kalau oleh kamu saya tak mau,
Ibrohim hanya ingin Alloh langsung yang menolong, ibrohim membaca : hasbi yalloh wa ni’mal wakil..
Puteri Namruz tanya Bagaimana kamu tak terbakar ? Maka Ibrahim katakan katakan olehmu “ Lailahailla lloh Ibrahim kholilulloh” lalu bacalah “hasbiyalloh wa ni’mal wakil “maka ia ikut baca dan juga mencoba masuk api dan tak ter bakar akhirnya beriman kepada Alloh dan Ibrohim.

Alloh berfirman; yaa naru kuni barda . Api jadi Bardan/dingin dan Ibrohim kedinginan , maka Alloh berfirman: wa salaman, maka dingin yg nyaman dan mensejahterkan.


Pengobanan ibrohim di uji lagi. Perintah ke Yordan kemudian Mesir Dan kawin dengan Hajar. Balik ke Palestine dan disuruh bawa hajar ke rumah Alloh /Mekkah ditingal tanpa asbab. Bahkan yg ada asbab kematian . orang lain kuburkan istri mati tetapi aibrohim telah kuburkan istri dan anak hidup.
Hajar: “apakah kamu akan tingalkan kami ?,
Ibrohim tak jawab sampai diulang 2 kali.
ketika hajar tanya: “apakah Alloh perintahkan semua ini ??
Maka Ibrohim menganguk ya !. Hajar ummul ambiya katakan : Idzan La Yudhoyyi ‘u na kalau begitu Alloh tak akan sia siakan kami!!.

Bekal habis , Ismail kehausan maka Hajar lari Safa Marwa 7 kali keluar zam zam dari pukulan kaki ismail . Hajar teriak : zam zam zam ...... berhenti,berhenti,berhenti . Nabi SAW katakan :”seandainya Hajar tak teriak zam zam maka air itu akan menagalir ke seluruh dunia”.

Syahwat ibrahim diuji kembali , 6 tahun ada kerinduan ingin lihat anak isteri apakah hidup atau apakah mati ,Alloh izinkan tengok ke baitulloh dengan syarat tak boleh turun dari onta , bayangkan?.Jarak Palestin Makkah ditempuh dalam satu bulan tetapi tak boleh turun.

Hajar katakan : Turunlah beristirahat sebentar .”
Ibrohim katakan : “Alloh melarang saya turun.” Hajarpun hanya meminta izin membersihkan debu di kaki Ibrahim.Bagaimana perasaan suami istri yang tak jumpa enam tahun tetapi tak bisa berkasihan ketika jumpa,inilah pengorbanan Ibrahim untuk dapatkan Alloh SWT.Hari ini kalau ada oramg tinggalkan anak istri untuk berjuang agama maka akan divonis haram.

13 tahun kemudian datang lagi bukan untuk beri hadiah tetapi untuk perintah sembelih ismail as.
Syetan hasud hajar ,” anak kamu satu satunya “.
Hajar: gak apapa !.
Waktu hendak sembelih Ismail Ibrahim tanya : Sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelih kamu atas perintah Alloh ,bagaimana pendapatmu ?
Ismail katakan : Wahai ayah kerjakanlah,engkau akan lihat aku sebagai orang yang sabar!”

Ibrahim bertanya bukan mencari keridhoan anaknya,baru sembelih. Beliau ingin tahu pendidikan Ibunya selama 13 tahun tentang ketaatan kepada Alloh dan pasti ibunya telah ceritakan bagaimana pertolongan Alloh kepada mereka jika mereka dalam keadaan taat.

Dan Ibrohim juga inginkan agar Ismail amal dengan niat juga,karena amalan jika tak diniati karena Alloh maka tak jadi amal sholeh.
Maulana Ahmad Bawahalpur katakan jika Ismail pada saat itu Ridho maka disembelih dengan satu cara, jika tak ridho akan disembelih dengan cara lain

Asbab Alloh SWT terima pengorbaan Ibrahim:
1. ibrohim jadi kholili.
2. imam buat seluruh umat
3. keturunanya jadi nabi
4. dapatkan semua pahala haji.

Keberkahan Baitulloh 124 ribu nabi pernah berhaji, kaum Tsamud pernah kekeringan datang pergi ke Ka’bah.

Syahwat ditarbiyat dengan perintah Alloh SWT yakni keluar di jalan Alloh

Haji mengenang 4 nabi:
1. Pengorbanan Ibrahim as
2. Ketaatan Ismail as
3. Taubat Adam as
4. Dakwah Rosululloh SAW.

• Maka jasbah orang haji harus menayempurnakan jasbah para nabi sehingga kembali dari haji membawa semangat haji di dalam kehhiduapan.(Maulana Iksan)


2. DAKWAH

Arti Dakwah adalah sebagaimana aku dekat dengan Alloh maka akan ku bawa orang lain juga dekat dengan Alloh

NUR DALAM KERJA DAWAH

Derajat Nabi SAW lebih tinggi dari para ambiya lainnya karena medan dakwah Nabi kumpulan dari medan dakwah ambiya.Ada Nabi yang hanya dihantar untuk umat pedagang,petani,ahli teknologi dsb.
Tetapi Umat akhir zamab terdiri dari semua profesi dan status,sehingga kalaulah Ummat Rosululloh berdakwah kepada :
1. Ahli siyasah mak Nur nya akan sama dengan Nabi Musa as.
2. Kepada pedagang akan sama dengan Nur Nabi Syu’aib
3. Kepada petani sama dengan Nur Nabi kaum Saba’
4. Kepada ahli orang raga nur nya akan sama dengan Nabi Hud
5. Kepada ahli sexual akan sama dengan Nabi Luth

PENGARUH PEMBICARAAN DALAM DAKWAH

Seorang pemuda telah katakan apa pengaruhnya Cuma omong omong masalah iman setiap hari bagi peningkatan amal kita ?
Maka seorang telah berkata kepadanya : Kamu bodoh!” Bego !” dan lain lain,maka pemuda itu marah.

Orang itu katakan itulah pengaruh perkataan akan meninggalkan kesan dihati yang dibicarakan,maka seperti itulah Alloh SWT semakin kita bicarakan setiap saat maka Alloh akan senang dan akan membangga banggakan kita didepan malaekat,sehingga cinta kepada kita.
Mafhum hadits jika hamba membicarakan Alloh di suatu majlis maka Alloh akan membanggakannya didepan majlis yang mulia yaitu majlis Para Malaekat.



AZAZ DA’WAH
Yakni : Azaznya iman.
• Masjid Nabi dibangun tak ada duit, Nabi bagi targhib maka sahabat cari kayu, cari pelepah untuk tiang maka terbina, batu dari gunung, air, tanah. Siang hari laki-laki yang bangun dan malam hari para wanita membangun 7 bulan selesai tanpa uang, tanpa donatur.
• Nabi juga seorang yang miskin, fakir, yatim.
• Sahabat hijrah tak bawa uang, harta mereka sudah habis. Saat masuk Islam Abu bakar ra punya 40.000 dirham dan 7 toko, tetapi ketika hijrah hanya bawa 4000 saja. Suhaib hartanya semua ditinggal di Mekah, tetapi mereka tak fikir perbaikan ekonomi dulu baru buat da’wah.
• Madinah juga bukan kota perdagangan

Dalam Al-Quran (Surat Al Quraisy )diceritakan kebiasaan orang Quraisy berdagang pergi tinggalkan Madinah:
- Ash- Syitaai = Musim panas  Sahabat pergi ke Yaman
- Ash- Shoif = Musim dingin  Berdagang ke Syam

Madinah tak punya produk, tak ada kain Madinah, yang ada kain Yaman, kain Syam. Tak ada kerajaan yang berhajat kepada Madinah pada saat itu berada dibawah yaman.
• Bilal ra menceritakan 2-3 hari nabi tidak makan dan Aisyah ra berkata : 3 hilal ( bulan ) di rumah nabi saw tidak ada asap ( tidak masak )

• Orang Parsi telah remehkan kekuatan Madinah pada waktu nabi dakwah ke raja Parsi maka tertulis: “ Min Muhammadin ila ‘adhimil rum- ila kisro” ( Dari Muhammad kepada Kisra) maka raja Parsi marah.

Kirim perintah ke Bahraen diteruskan ke Iran, ke Yaman, maka Yaman hanya kirim 2 orang untuk tangkap Nabi saw. Mereka remehkan kekuatan Madinah, karena miskin, tdk ada tentara. Tetapi nabi katakan:” yang mengutus kamu telah dibunuh oleh yang mengutusku ( Allah swt ). “Pada hari itu raja kisra telah dibunuh oleh anaknya sendiri.

Allah ingin tunjukkan kepada kita bahwa bangun agama ( dakwah ) bukanlah kekuasaan, ketentaraan, ekonomi, harta dsb. Bahkan orang kafir ingin tawarkan semua itu kepada Nabi saw tetapi Nabi saw menolaknya.

YAKIN HARTA AKAN BINASA DUNIA AKHERAT

Qorun bikin makar undang pelacur bilang Musa telah zina denganku dengan imbalan harta. Qorun kumpulan orang untuk persaksian bahwa Musa ditanya bagaimana hukum zina?

Musa AS bilang dirajam.Musa ditanya bagaimana kalau kamu yang melakukan?
Musa as berkata :aku mesti dirajam juga.
Qorun datangkan wanita itu dan disuruh ngaku zina dengan Musa as.
Musa alaihisalam melihat wanita itu dan disuruh bersumpah atas nama ALLAH .
ALLAH swt tumbuhkan ketakutan pada wanita itu,iapun mengakui bahwa ia diperintah oleh Qorun dengan imbalan harta.
Orang banyak menyaksikan kezholiman Qorun.lalu musa as sujud syukur mengakat tangan agar ALLAH mengazab Qorun.ALLAH berfirman bumi telah siap menunggu perintahmu.

Musa as berkata:”wahai bumi telanlah Qorun!!.maka tubuh Qorun perlhan-lahan masuk kedalam tanah,dari sebatas kaki,betis,perut,leher.musa terus perintahkan bumi untuk menelan.Musa as perintahkan supaya harta Qorun diletakan diatas kepalanya.dan perintah bumi untuk menelan qorun dan hartanya.
Maulana Iksan katakan :”kalau kita hadir pada saat itu maka akan kita akan katakan kepada Musa as :”wahai musa biarlah qorun tengelam ,tapi hartanya buat kami tasykil ke England dsb.karena masih kita anggap agama butuh harta.



JIKA AZAZ DAWAH MA’AL, MULKIYAH MAKA ORANG KAFIR TDK AKAN TERKALAHKAN

Kita tdk boleh merendahkan kehidupan Nabi yang fakir, karena kefakiran yang datang pada nabi dan sahabat adalah ikhtiyari ( artinya memang Nabi yang menghendaki ). Nabi saw do’a supaya dijadikan dari kalangan orang miskin.


Da’i yang sukses tak lihat langsung harta tetapi lihat Allah , dan tidak terkesan kepada harta mad’un ( yang dibagi dakwah olehnya ).

Hari ini usaha agama semua berdasar mal, kalau tak ada uang tak jalan. Dahulu para sahabat habiskan semua harta untuk agama. Abu Bakar hijrah bawa semua harta 4000 dirham. Anak istri tak ditinggalkan. Abu Kuhafah ayahnya kata kepada Asma puti Abu bakar “ ayahmu pasti bawa semua harta “. Tapi pendidikan iman yang berhasil terhadap anaknya.”
Maka Asma katakan “ tidak, ayah telah bawa yang terbaik dan tinggalkan yang terbaik” ( maksud perkataan Asma orang yang berhijrah dan berjihad “ bersafar bersama allah, dan rumahnya dijaga Allah swt).

• Saat perang Tabuk, maka Abu Bakar ra telah bagi seluruh harta untuk jihad, tak tersisa! Ketka ditanya apa yang kamu tinggalkan untuk keluargamu?... Ia menjawab “ Allah dan RosuluNya”

Jika hal itu dikerjakan sekarang, ada orang yang buat seperti Abu bakar menghabiskan harta buat agama, dan tanya Mufti ahli fatwa , maka akan jawab haram...haram...!! karena dia telah lalaikan 3 perintah demi untuk 1 perintah. 3 perintah untuk nafkahi anak, nafkahi istri, nafkahi ortu.

Satu perintah berjihad. Itulah kedaan agama kita sekarang. Padahal mufti yang pertama dalam sejarah umat adalah Abu bakar, dan Abu Bakar telah mengerjakannya..Allahu kabar..!

• Para shabat dalam lapar tetap perang. Tak ada yang bilang” amir saff saya mau pulang karena tak ada makan”...mereka makan 1 kurma satu hari sampai Allah tolong mereka dengan Ikan yang besar. Matanya setelah dikeluarkan dapat dimasuki 13 orang.

Di Syi’ib Abu tholib 3 tahun di boikot tetap tak tinggalkan dakwah.Bahkan turun surat Yusuf sekaligus yang mengangkat umat ini jadi Dai bukan abid.

Dalam usasana perangpun tetap jangan tinggalkan dakwah karena bantuan Allah turun bukan karena perang tetapi karena dakwah.
Alloh tak pernah terlambat menolong hambanya tetapi hambanya lah yang terlambat mengerjakan Dakwah dan memohon doa,

Betapa senangnya Alloh jika saat kita sakit tetapi tetap sempurnakan Takaza.Karena dengan buat kerja Dakwah barulah Umat akan terbentuk.Kini bentuk Umat sudah tak karuan Ibarat bangunan atap sudah di bawah,dinding ada di atas ini semua karena umat hanya fikir diri dan keluarga.

Lebih Dahulu kita bertobat telah tingalkan kerja Nabi,barulah bawa orang kepada kerja, katakan kepada mereka jika kamu bertobat mak Alloh akn turunkan Hujan dan alirkan sungai sungai,dan memberi rizki dengan rezeki dan anak yang banyak.


3. IBADIAT

Yakni takmemiliki kehendak kecuali ikut kehendak Alloh
Hamba mentaati Alloh dalam perkara yang bertentangan dengan Nafsu sebab kalau sesuai nafsu bukanlah ketaatan namantya.

• Contoh seorang yang sakit di rumah sakit maka dia ikhlash jika dioperasai karena nyawanya terancam,maka ini byukanlah ketaatan tetapi keterpaksaan

Sesuatu yang dikerjakan dengan Ilmu dan dzkikir maka namanya ibadat,contoh buang air atau berkedai dsb

Buat Ibadat untuk senangkan Alloh ,untuk senangkan istri saja apabila baju istri sobek maka kita cepat pergi ke pasar untuk jahitkan bagaimana dengan Alloh

4. INABAT

Inabat artinya Rujuk ,jika seoarng telah rujuk dengan Alloh yakni menjalankan agama secara sempurna maka seluruh makhluk akan rujuk/ berdamai kepadanya. Lihatlah para sahabat dapat perintah apa yang ada diantara langit dan Bumi.

Kisah :
• Anas bin Malik kebunnya kekeringan maka beliau hanya sholat saja dan disuruh pelayannya melihat apa yang terjadi. Pelayannya bilang baru awan putih yang datang,maka Anas ra sholat lagi dan terlihat awan mulai hitam,akhirnya hujan turun.

• Terjadi kekeringan di Mesir,Saad bin Abi Waqosh ra kirim surat pada Umar maka Umar telah kumpulkan orang dan bagi bayan : Apakah keadaanku masih sama dengan ketika Rosululloh saw masih hidup ?
Orang banyak katakan : Ya ! Maka Umar minta doa agar diturunkan hujan di Mesir ,terdengarlah suara awan berjalan : Ya Abu Hafsah..Ya Abu Hafsah…!

• Umar bin Abdul Aziz ketika di zamannya maka srigala dan kambing bisa makan dalam satu wadah yang sama begitu juga seorang Wali Wanita Maemunah Saodah dapat menggembala kambing ditengah tengah srigala,ketika ditanya tentang karomahnya ,beliau katakan : Saya telah Inabat dengan Alloh SAW.

Srigala di zaman Nabi dating untuk bermusyawarah dengan Rosululloh SAW karena badan mereka kurus tak ada selera makan kambing sahabat. Maka Nabi mwemberi keputusan untuk boleh memakan kambing yang lepas dari kamaahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar