Hakekat Dunia

DUNIA DARUL IMTIHAAN/UJIAN BUKAN DARUL ITHMINAN/KETENANGAN
Suatu soal sekolah hanya bisa dipahami apabila kita tahu maksudnya begitu juga dunia akan bisa lulus seorang dari ujian nya apabila paham maksud hidup di dunia.
Maulana Jamsid katakan : seorang sahabat berdoa minta kesabaran maka Nabi SAW sabdakan : Jangan minta kesabaran nanti Alloh akan menambah ujian buat kamu tetapi mintalah Afiat.

• Yusuf as ketika ditanya oleh saudara kenapa kamu dapat memperoleh deraja yang tinggi disisi Alloh SWT maka beliau katakan : Innahu may yattaqi wa yashbir Fainnalloha laa yudhi’u ajrol muhsinin
Sesungguhnya orang yang sabar dan taqwa lah yang membawa saya kederajat itu.

Seorang raja sakit tak bisa kencing dan datang kepada seorang tabib.
Tabib kata: Wahai Raja ! kencing kamu bisa sembuh asalkan kau berikan setengah kerajaanmu kepadaku.
Raja berfikir apalah enaknya jadi raja kalau tak bisa keluarkan kencing,maka raja setuju!
Ketika kencing keluar tetapi terus menetes tak bisa berhenti,maka datang lagi te tabib.
Tabib kata: Kencing kamu bisa berhenti asalkan kau berikan seluruh kerajaan kepadaku
Maka raja fikir apalah artinya kerajaan kalau tak nyaman kencing tak berhenti
Masyech katakan itulah hakekat kerajaan dunia tak lebih dari air kencing

Lihatlah seekor ikan yang berada di laut,begitu banyak makanan yang ada disediakan di dalam laut tetapi masih kesan dengan umpan yang ada di kail.
Ahli dunia tak bisa lihat Khazanah Alloh yang luas yang bisa diturunkan dengan amal dan terkesan dengan satu jalan rezeki saja yakni toko,kantor,dll ( H,Sahb).

Dunia ada hajat dan akherat ada hajat tetapi hajat dunia sangat kecil dibandingkan hajat akherat,Ibarat seorang memasukkan jarinya ke samudra maka yang menetes dari jarinya itulah hajad dunia.

Otak manusia tak bisa Nalar masalah kubur Mahsyar dan siroth,otak hanya bisa fikir ke duaniaan,itulah sebabnya Alloh SWT hantar Nabi untuk menjelaskannya

Orang Yang yakin bahagia di dunia dengan benda sementara akherat dengan amal maka akan binasa di dunia dan di akherat.

Orang kafir anggap kehidupan ini hanya dunia saja sehingga seluruh potensi dihabiskan untuk Dunia.

Masuk Syurga tak Perlu Uang sebarkan salam 25 kali akan masuk syurga padahal untuk masuk neraka pakai Uang lihat orang yang hendak potong janggut harus keluar uang beli silet (Maulana Zakariya rah a katakan cukur janggut mencukur hati Rosululloh saw karena ikhtilaf sunnah)).

Orang yang tenggelam di lautan maka akan selamat apabila berpegangan kepada yang bisa menyelamatkan,maka orang yang tenggelam Dunia akan dapat diselamatkan dengan pegang zat yang mampu selmatkna yaitu Alloh,dengan cara mendatangkan kecintaanNya mengamalkan sunah Nabi SAW yang besar yaitu Dakwah
Lihat surat Ali Imron 31

Dunia Adalah Najis Di hati sehingga apbila ada Najis maka sholat tak diterima jika hati Najis maka Iman tak diterima.

• Seorang datang kepada Syech dan katakan: Ya syech ! Sumur saya bau bangkai.
Syech kata: Kuraslah seratus ember
Esoknya datang lagi dan katakan hal yang sama,maka syech sarankan kuras 200 ember,ketika datang lagi Syech sarankan kuras 300 ember tetapi bau tak juga hilang.
Maka Syech tanya: Memangnya sumur kamu kenapa?
Ada Bangkai anjing didalamnya.”Kata nya.
Syech: Apakan sudah di ambil bangkainya?
Orang itu cakap: Belum!!
Syech:”Kalau begitu pantas lah!! Walaupun kamu keringkan airnya tak akan hilang baunya sebelum bangkainya diangkat.

Jadi Umat ini tak akan bisa diperbaiki dengan Apapun seandainya Najis dunia ini masih menjadi kecintaan di hati sahabat kalah di Uhud karena Min kum May Yuridud Dunya Waminkum May Yuridul akhiroh. Arti : Sebagian kamu senang dunia dan sebagian kamu senang akherat.
Kenikmatan syurga dibandingkan dengan nikmat dunia seperti kulit bawang dilempar di medan yang luas ,sedangkan syurga Mu’min dibanding syurga Ambiya seperti kulit bawang dalam medan yang luas,dan Syurga ambiya jika dibandingkan dengan syurga Rosululloh SAW seperti kulit bawang dilemparkan di medan yang luas.

Kesan amal pertama kali adalah akherat yaitu apakah menghasilkan syurga atau nerakabarulah efeknya dirasakan di kubur.Orang yang bahagia maka harum syurganya akan diciumkan dari kubur,begitu juga busuknya tempat neraka diciumkan dari kubur.Barulah kesan itu dapat dirasakan di Dunia.(Maulana Nadzirurrohman)

Amal orang kafir efeknya dirasakan di dunia Fir’aun tak pernah sakit kepala 400 tahun tetapi mati tenggelam

Kisah :

Seorang Tabiin ditawan dibawa kehadapan Raja kafir dan ditanya: Mauklah kamu pindah ke agama kami dan kami berikan semua hajat dunia kamu??
Beliau katakan: walaupun satu detik aku pindah agama tak akan ku lakukan walau kamu berikan seluruh kerajaan kamu kepadaku.
(Maulana Nadziruurrohman)

HARTA DUNIA TAK BISA BERI MANFAAT
TANPA IZIN ALLOH SWT


Seorang Raja memiliki khazanah yang banyak,setiap malam pergi ke gudang khazanah tak ada yang tahu. Di kerajaan hanya dua orang saja yang punya hak pegang kunci yaitu Raja dan Wazir.

Suatu malam Raja berada didalam gudang khazanah tetapi lupa kunci pintu yang berjumlah 7 lapis,Sedangkan wazir malam itu kebetulan lewat gudang khazanah. Wazir lihat gudang terbuka.Dia kaget dan menyangka bahwa dia telah lupa kunci gudang.Maka cepat cepat kunci dan berlaru dari sana.

Ketika Raja hendak keluar gudang,ia terkunci dari luar.Teriak minta tolong tak ada orang dengar. Dan Esok paginya Istana geger karena Raja tak ada di singgasana.Dicari ke penjuru kota tak ada,Akhirnya setelah 3 hari anak Raja diangkat menggantikannya menjadi Raja yang baru.

Ketika anak Raja melihat gudang Istana maka dilihatnya jasad ayahnya terbujur kaku dan ditanganya ada surat tertulis : Aku memiliki khazanah yang banyak tetapi aku mati kelaparan.”

KISAH MUSA AS.
DAN BANI ISROIL


Yusuf telah Bawa Bani Isroil ke Mesir dan membaginya 12 kabilah, pada saat itu mereka jadi golongan yang berkuasa, tetapi keturunan mereka mulai menyukai 2 perkara yaitu : 1. Harta yang haram dan 2. wanita yang haram

Pada saat itu Fir’aun adalah suku terhina di Mesir, tetapi Alloh SWT pakai tangan Fir’aun untuk hinakan Bani Isroail. Pada saat Fir’aun hendak ke Pasar maka dia lihat tukang sayur mati dan dikuburkan. Maka Fir’aun yang punya sifat pemberani dan cerdas akhirnya meminta bayaran dari keluarga mayit itu.

Diapun memutuskan jadi penjaga tanah kuburan dan ambil bayaran dari setiap orang yang mati.
Suatu ketika Wazir mati, dan Fir’aun minta bayaran untuk penguburan. Hal ini dilaporkan raja. Raja panggil Fir’aun dan akhirnya kagum dengan keberanian Fir’aun dan mengangkatnya jadi Wazirr.

Karena raja tak miliki anak ketika raja mati akhirnya Fir’aun jadi Raja dan menyiksa Bani Isroil dijadikan budak. Hal ini bukan karena Alloh muliakan Fir’aun tetapi Alloh ingin mengadzab Bani Isroil akibat amal buruknya.
Walnudziqonnahum minal adzabil adna..(Surat Assajadah 21)
Dan kami rasakan kepada mereka adzab yang dekat (dunia) dan adzab yang besar di akherat)

Fir’aun memiliki rencana tetapi rencana Alloh yang berlaku. Alloh beri mimpi akan ada bayi yang lahir yang nantinya akan menumbangkan kekuasaan Fi’aun. Dia kalangkabut dan akhirnya ambil keputusan bunuh semua bayi yang lahir laki laki dari kalangan banu Isroil.

Banyaknya bayi yang lahir lalu dibunuh menyebabkan ketakutan dikalangan kaum Fir’aun jika bani Isroil tak ada siapa yang akan urus jadi budak budak. Akhirnya keputusan dirubah yaitu satu hari bayi lahir dibunuh dan hari berikutnya tidak, agar tetap ada bayi laki laki Bani Isroil sebagai budak nantinya.

Harun as. Lahir saat hari yang tak dibunuh sedangkan Musa lahir disaat hari yang harus dibunuhh. Maka Alloh Ilhamkan kepada Ibu Musa as agar meletakkannya dalam peti dan Alloh berjanji akan kembalikannya kepangkuannya. Lalu Musa dihanyutkan ke sungai yang arahnya ke Istana Fir’aun, tetapi Alloh menyelimutinya dengan dengan selimut kasih sayang, sehingga ketika diambil oleh Aisyiah istri Fir’aun maka timbul rasa sayang.

Musa akhirnya dibawah pengawasan Fir’aum dan tinggal di Istana, ibunya sendiri yang menyusui karena tak ada seorang wanitapun yang sanggup susui Musa padahal di janjikan bayaran mahal. Ketika musa menangis Fir’aun yang sibuk carikan orang yang menusui,dan Firaun akan keluarkan upah yang besar. Akhirnya Ibunya menyusui dan diberi gaji pula oleh Fi’aun. Bahkab Musa dibolehkan ikut pulang ke rumah ibu Musa dan sewaktu waktu dibawa ke Istana.

Lihatlah !! Betapa lemahnya Fir’aun dan tak bisa menentang kehendak Alloh!!
Setelah dewasa Musa menjadi seorang yang kuat, ketika memisahkan dua orang yang berselisih antara kaumnya dan kaum Fir’aun maka dia telah pukul orang Kibti dengan sekali pukulan sampai mati. Seorang Nabi diberi kekuatan 40 kali manusia biasa.

Setelah lari disebabkan takut kalau kalau Fir’aun akan tangkap Dia maka Musa sampai Madyan tempat Nabi Ayyub as yang akhirnya menikah dengan putrinya dan berkhidmad selama 10 tahun. Lepas sepuluh tahun Musa as ingin kembali ke Mesir bersama Istrinya. Ditengah perjalanan melihat sinar terang di bukit Thursina, dia menyangka api dan pergi untuk ambil penghangat.

Ketika sampai dihadapan Sinar itu maka ada Suara : Akulah Alloh, bukalah sendalmu.!!Dan Aku pilih kamu dengarkan apa yang Ku wahyukan!!
Ketika Musa ditanya dengan satu pertanyaan ,maka dijawab dengan 4 jawaban .Apa yang ada ditangan kananmu ?
Musa telah jawab : Ini adalah tongkatku,aku bertelekan dengannya,mengambil daun untuk kambingku,dan bagiku banyak kegunaaan.

Dalam Ilmu Balaghoh hal ini adalah kecintaan karena senangnya Musa bicara dengan dzat yang dicintainya seperti bicara dengan kekasih yang ingin berlama lama.

Musa telah menjawab dengan Ilmu manusia biasa yaitu fungsi tongkat umumnya karena belum deigunakan dengan perintah Alloh.Alloh perintah Lemparkan Wahai Musa !! Maka Ilmu Alloh mulai tampak. Musa yang tadi yakin tongkat miliknya dan danya untuk bertelekan dan ambil Daun,serta meyakini manfaat tongkat tadi,kita telah ditampakkan ilmu yang lain yang sebelumnya tak tahu.
Setelah dilemparkan Musa tak tahulagi apakah tongkat itu miliknya,dan kini bukan lagi tongkat tetapi Ular,serta tak lihat apa manfaatnya sekarang? bahkan mudhorot baginya. Ulaar cing !!

Alloh perintahkan tangkap Wahai Musa bukan di ekornya tetapi di mulutnya ,Alloh ingin tunjukkan bahwa tongkat yang lemah jadi Ular yang kuat,dan Ular yang kuat jadi tongkat yang lemah maksudnya pelajaran bahwa kamu yang lemah akan Alloh jadikan kuat sedangkan Fir’aun yang kuat akan dijadikan lemah.
Setelah diberi bayan hidayah maka Musa diperintah dakwah kepada Fir’aun.Musa ragu karena ingat keluarganya yang ditinggal di kaki bukit hanya dengan berselimut mantel.

Alloh peritahkan pukul batu,dan didalam batu ada batu,pukul lagi didalamnya ada batu. Pukul lagi!!maka terlihatlah seekor binatang sejenis ulat sedang makan daun daun segar. Sambil bertasbih: Subhana May yaroni,wayasma’u kalami,wa ya’rifu makani,yarzuquni wala yansani.”Maha suci Alloh yang melihat aku,mendengar kalamku,mengetahui tempat tinggalku ,memberi rizki kepadaku dan tak melupakan aku.

Maka Alloh ingin ajarkan Musa as. Bahwa seekor ulat didalam batu saja dapat rizqi apalagi istri kamu,istri seorang Nabi .
Istri Musa as ditemukan kafiilah dan dibawa kembali ke Madyan

Musa dan Harun datang ke Istana Fir’aun,didepan Istana di cegah oleh tentara tetapi kekuatan Alloh tak bisa dicegah.Musa katakan : Aku datang bukan untuk meminta seperti yang lainnya tetapi aku datang untuk memberi kepada raja kamu . Pengawal kasih khabar ke Fir’aun dan akhirnya dengan idzin Alloh Fir’aun mau terima Musa.
Ketika sudah berhadapan maka Fir’aun tahu bahwa dia adalah Musa maka dia katakan : Oh kamu Musa yang lari karena membunuh.!

Tetapi Alloh buat Fir’uan tak bisa apa apa mak Musa katakan : Benar saya Musa tetapi kini saya datang sebagai utusan Alloh untuk mengajak kamu beriman dan membebaskan Bani Isroil.” Jadi Musa ditus untuk Fi’aun yang kafir dan Bani Isroil yang Islam tetapi tak buat amal.

Mana buktinya kamu Rosul.” Kata Fir’aun. Akulah Tuhan yang paling tinggi, Firaun meremehkan musa as karena apa yang ada padanya nya yaitu kerajaan tak ada pada Musa as. Fira’un tak faham nilai seorang Nabi yang akan membawanya kepada kebahagiaan yang hakiki ketimbang kerajaan yang dimilikinya.

Musa langsung keluarkan tongkat dan ketika dilempar maka berubah menjadi ular yang mermbuka mulutnya didepan Fir’aun. Fir’aun ketakutan dan langdsung loncat ke bawah singgasananya sambil meminta Musa menghentikan Ular tsb.
Bagaimana mungkin Tuhan takut kepada makhluk ??

Sejak melihat Ular Musa maka Fira’uan yang bisanya ke WC 40 hari sekali menjadi 40 kali sehari dan langsung diserang oleh penyakit jantung.Padahal sebelumnya 400 tak pernah pusing sekalipun.
Itulah kekuatan dakwah jika sudah dibuat maka akan menjadikan orang Muasyrik menderita : “Kabura ‘alal Musyrikina maa tad’uhum ilakaihi.. terasa berat bagi oprang musyrik apa yang kamu dakwah kepada mereka ( Surat Assyura 13)

Setelah itu Fir’aun katakan: nah.. tahulah saya sekarang bahwa selama sepuluh tahun kamu belajar sihir untuk ambil kekuasaanku.” Maka Musa di tangtang oleh Fir’aun untuk adu kekuatan dengan tukang sihir Fir’aun yang berjumlah 70.000 orang. Fir’aun bayar biaya pertandingan dan sediakan makan,transfortasi tukang sihir dan dibuatkan pakaian yang sama dengan pakaian Musa as untuk menghina Musa. Tetapi asbab pakaian yang sama itulah Masyech katakan Penyihir Fir’aun dapa hidayah”

Masing masing penyihir pegang tali dan tongkat yang nantinya kan jadi Ular. Mereka kata kan siapakah yang lebih dulu melempar? Kamu atau akami?Musa katakan : Kamulah yang lebih dulu!!
Setelah tongkat dan tali jadi ular bayangkan 140 000 ular ada di medan yang luar biasa. Namun Musa as tak kesan karena Musa dan Harun hanya Lihat perintah Alloh saja.

Ketika Musa melempar tongkat maka Mulut ular itu terbuka sejauh sat Mil ke atas dan menyedot semua ular yang ada di Medan. Ahli sihir bisa bedakan mana sihir dan mana Miukjizat, setelah melihat merejka takjub dan bersujud untuk beriman kepada Tuhannya Musa dan Harun.

Alangkah marahnya Fir’aun karena telah mengeluarkan biaya yang besar tetapi justru penyihir kini memihak Musa as. Fir’aun bikin keputusan untuk siksa penyihir dengan potong tangan dan kaki. Namun penyihir tak goyah mereka semua rela mati dalm pertahankan iman.

Ketika penyihir bersyahadat maka Aisyiah istri Fir’aun mendengar dan akhirnya ikut beriman dan alangkah hebatnya Iman Aaisyah ini karena ia melihat bagaimana 70.000 penyihir telah dipotong tetapi ia tetap zahirkan imannya sehingga murka Fir’aun telah membelah dada Aisyah. Itulah sebabnya nati di Syurga Aisyah akan menjadi Istri Rosululooh SAW.
Fir’aun tak punya daya apa apa untuk bunuh Musa.as walaupun memiliki kerajaan dan tentara,akhirnya Musa hidup ditengah Bani Isroil ajarkan kembali mereka dengan agama dan perintahkan dirikan sholat,jika mereka ada masalah dengan orang Fir’aun misalnya toko mereka di rampas mereka diajarkan jangan lari kepada mahkamah Fir’aun tetapi diperintahkan langsung Sholat .

Selama 40 tahun banyak adzab yang Alloh turunkan kepada Fir’aun. Taufan, Kodok yang ada dimana mana ,dirumah,kamar, dan ditempat makanan Fir’aun dan rakyatnya,kutu,belalang,dan darah sehingga Fir’aun tak bisa makan karena setiap yang disentuhnya jadi darah dan dia makan bekas air minum dari mulut Bani Isroil. Setiap kali musibah datang maka Firaun selalu minta pada Musa untuk dihilangkan dan berjanji akan beriman,namun setelah hilang ia pun ingkar lagi dan mengatakan : Aku selamanya tak akan beriman dan aku lah penipu nabi nabi.”

Masyech kita katakan : Lebih jahat mana Fir’aun dengan Abu Jahal dalam menentang Nabi Nabi ?

Kalau Fir’aun pernah menyatakan dirinya untuk beriman walaupun niat menipu tetapi ucapannya ingin beriman,sedangkan Abu Jahal Ajiib,tak ada kata sedikitpun untuk beriman bahkan dia katakan kalaulah” Muhammad betul maka biarlah aku yang binasa.”
Jadi Abu Jahal jauh lebih kufur dari Fir’auin dalam menentang Nabio Nabi.

Setelah pada suatu titik yang sudah dikehendaki Alloh maka Musa diperintah untuk bawa Kaumnya keluar Mesir. Pada saat subuh mereka keluar berjumlah 600.000 orang namun tersesat jalan menuju laut. Fir’aun marah dan siapkan tentara untuk kejar Musa disiapkan 1600.000 tentara. Bayangkan!!adakah tentara sebesar itu menyerang dalam waktu yang bersamaan untuk menyerang musuh.? Kaum Musa meliahat maut dihadapan laut dan dibelakang tentara Fir’aun mereka katakan Inna lamudrokun, kita akan terkejar/binasa maka Musa katakan Kalla Inna ma’ia Robbi sayahdin..sekali kali tidak Tuhanku akan berssamaku dan akan tolong aku.

Kenapa Musa tak katakan seperti Rosululloh katakan di Goa bersama Abu Bakar bahwa Alloh bersama kita bukan bersama saya ?? ini semua karena kerja dakwah hanya dibuat oleh Musa sedangkan Bani Isroil tak buat,sedangkan Nabi dan Ummatnya sama sama buat.

Alloh perintahkan Musa untuk pukulkan tongkatnya ke Laut, hal ini tak masuk akal disaat genting Alloh perintah seolah main main, kenapa tak diperintah untuk pukulkan ke kepala Fir’aun bukankah ini lebih Logis.Inilah bukti kudtrotulloh !
Bisa terjadi bukan harus sesuai asbab tetapi terkadang bertentangan asbab

Laut terbelah menjadi 12 jalan dan laut menjadi seperti dinding besi yang terbelah belah. Kaum Musa katakan wahai Musa kami ingin lihat saudara kami yang lain di jalan mereka perlihatkanlah !! Maka Musa berdoa kepada Alloh sehingga tembok yang berada dari air membentuk jendela seperti kaca dan mereka dapat saling melihat

Fir’aun melihat kaum Musa bisa menyebrangi laut diapun berkata: Mereka yang hina saja bisa melalui jalan di laut apalagi kita yang mulia !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar